Minggu, 25 Desember 2011

CONTOH SOAL AKM 1


BEBERAPA CONTOH SOAL AKUNTANSI MENENGAH 1

1.      Sebutkan definisi akuntansi menurut :
a)      ASOBAT
b)     AICPA
c)      APB
2.      Apa pokok utama dari suatu siklus akuntansi dan apa manfaatnya ?
3.      Sebutkan tujuan utama penyusunan laporan keuangan ?
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a)      Economic Entity Assumption
b)     Going Concern Assumption
c)      Periodicity Assumption
d)     Monetary Unit Assumption
e)      Historial Cost Principle
f)       Revenue Recognition Principle
g)      Matching Principle


Jawab
1.      Definisi akuntansi menurut :
a)      ASOBAT.
“A Statement of Basic Accounting Theory ASOBAT” adalah akuntansi merupakan proses mengidentifikasikan, mengukur dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternative dalam mengambil keputusan.
b)      AICPA.
AICPA ( American Institute of Certified Public Accountant ) , Definisi Akuntansi adalah keseluruhan pengetahuan dan fungsi yang berhubungan dengan penciptaan , pengesahan , pencatatan , pengelompokkan , pengolahan , penyimpulan , penganalisaan , penafsiran , dan penyajian informasi yang dapat dipercaya dan penting artinya, secara sistematik mengenai transaksi-transaksi yang sedikit-dikitnya bersifat finansiil dan yang diperlukan untuk pimpinan dan operasi sesuatu badan dan untuk laporan-laporan yang harus diajukan mengenai hal tadi guna memenuhi pertanggung-jawaban yang bersifat
keuangan atau lainnya.

c)      APB.
APB ( Accounting Principles Board ) , Definisinya adalah Akuntansi adalah merupakan seni pencatatan , penggolongan ,dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang berdayaguna dan dalam bentuk satuan uang. Definsi diatas mengisyaratkan bahwa dalam proses analisis dan perancangan akuntansi banyak menggunakan kebijaksanaan
( judgment). Kata seni dalam pengertian akuntansi diatas mengatakan bahwa akuntansi merupakan pengetahuan terapan yang isi strukturnya disesuaikan dengan kebutuhan dan sangat tergantung pada kondisi lingkungan yang melingkupinya.

2.      Pokok utama Siklus Akuntansi dan Manfaatnya adalah Siklus Akuntansi merupakan proses pencatatan transaksi, dari sejak transaksi tersebut terjadi sampai dengan disusunnya laporan keuangan untuk periode tertentu.
Manfaatnya adalah kita dapat mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan dan bagaimana hasil usaha selama masa yang lewat.

3.      Tujuan utama penyusunan Laporan Keuangan adalah untuk mengetahui laporan yang dihasilkan di dalam sistem pembukuan berpasangan tidak hanya laporan rugi laba dan laporan-laporan keuangan lainnya.

4.      Yang dimaksud dengan :
a)      Economic Entity Assumption.
Asumsi ini menjelaskan bahwa transaksi-transaksi perusahaan dipisahkan dari transaksi-transaksi pemilik atau unit lain.

b)      Going Concern Assumption.
Asumsi  ini menganggap bahwa suatu perusahaan itu akan terus hidup, dalam arti diharapkan tidak akan terjadi likuidasi di masa yang akan datang.

c)      Periodicity Assumption.
Asumsi ini menganggap bahwa umur suatu entitas dapat dibagi ke dalam periode waktu yang ditentukan untuk tujuan penyajian statemen keuangan kegiatan ekonomik entitas tertentu secara periodik.

d)     Monetary Unit Assumption.
Asumsi ini menjelaskan bahwa semua transaksi-transaksi yang terjadi akan dinyatakan di dalam catatan dalam bentuk unit moneter pada saat terjadinya transaksi itu.

e)      Historial Cost Principle.
Prinsip ini menghendaki digunakannya harga perolehan dalam mencatat aktiva, utang, modal, dan biaya. Yang dimaksud dengan harga perolehan disini ialah harga yang disetujui oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

f)       Revenue Recognition Principle.
Prinsip ini menjadi dasar pengakuan suatu entitas. Pendapatan diakui apabila, (1) direalisasikan atau dapat direalisasikan (realized or realizable), (2) telah menjadi hak (earned).

g)      Matching Principle.
Yang dimaksud dengan prinsip mempertemukan adalah mempertemukan biaya dengan pendapatan yang timbul karena biaya tersebut. Prinsip ini berguna untuk menentukan besarnya penghasilan bersih setiap periode.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar